Tips Laris Manis Menjual Produk dengan Instagram secara Gratis

Tips Laris Manis Menjual Produk dengan Instagram secara Gratis

Siapa bilang Instagram hanya untuk bersenang-senang? Kini Instagram memiliki banyak pengunduh dan menjadi salah satu media sosial terpopuler. Hal tersebut dapat kita manfaatkan untuk menjualkan produk kita dan menjaring pengikut sebanyak yang kita bisa untuk memperkenalkan toko kita. Simak ya,  langkah-langkah di bawah ini.

1. Akun Instagram Bisnis

Image source: cssauthor.com

Pastikan kita membuat akun khusus untuk berjualan di Instagram dengan akun Instagram Bisnis dan jangan gunakan akun pribadi. Fitur bisnis dari Instagram dapat memudahkan dan memberikan kita keuntungan saat berjualan.

  • Mudah dijangkau oleh orang-orang menggunakan hashtag
  • Terdapat Instagram Insight yang memudahkan kita untuk membuat analisis. Dari fitur ini kita dapat melihat performa Instagram bisnis dengan terperinci seperti skala impresi, jumlah followers, bahkan data demografi dan jam favorit pengunjung.
  • Instagram ads juga memaksimalkan perfoma penjualan karena dapat menyelipkan iklan di sela-sela story yang mereka lihat. Fitur ini dapat menjangkau lebih banyak audiens.

2. Lengkapi Deskripsi Instagram

Image source:pinterest.com

Setelah membuat akun bisnis untuk berjualan, kini saatnya melengkapi bagian deskripsi yang terdiri dari beberapa bagian. Berikut akan saya berikan penjelasannya satu per satu.

Pertama, kolom nama harus diisikan. Teks yang kita masukkan dalam kolom nama ini nantinya akan muncul di bagian atas bio Instagram dengan cetakan huruf tebal. Pada kolom ini cantumkan nama brand anda dan beberapa kata kunci dari produk anda untuk memudahkan saat pencarian.

Kedua, cantumkan username yang sesuai dengan kolom nama yang telah kita isikan sebelumnya agar lebih terlihat teratur. Pilihlah username dengan hati-hati karena akan digunakan secara konsisten nantinya. Pilihlah username yang sama dengan akun sosial media untuk berjualan lainnya semisal di platform Facebook. Hal tersebut memudahkan konsumen untuk mencari nama toko kita di berbagai platform yang ada.

Ketiga, isi bio Instagram dengan menjelaskan tentang toko yang anda buat, menyampaikan produk yang dijualkan dengan edukasi yang baik bahasa yang positif kepada audiens. Sertakan juga keunikan produk yang kita jualkan serta manfaatnya, sehingga saat membaca bio Instagram mereka merasa sudah datang pada tempat yang tepat.

Keempat, gunakan linktree. Hal ini akan sangat memudahkan karena terdapat beberapa link yang dapat ditautkan dalam satu akun saja. Dengan menautkan linktree audiens dapat menjangkau penjual dalam satu klik saja. Sehingga konsumen dengan mudah mengakses salah satunya. Jika kita menambahkan linktree akan terdapat pelaporan jumlah klik untuk setiap tautan.

3. Maksimalkan Feed

Image source:freepik.com

Feed Instagram menjadi fokus pertama saat kita mencoba untuk berjualan online dan ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Simak ya langkah-langkah di bawah ini.

  • Isi feed Instagram dengan produk yang kita jualkan. Usahakan foto produk dalam kualitas yang baik agar menarik minat pembeli dan tambahakan kesan estetika dalam foto. Gunakan template warna yang sesuai untuk kesan lebih tertata serta rapi dipandang. Kita dapat memilih warna yang kita suka ataupun warna yang mencerminkan brand yang kita jual.
  • Pada kolom caption isilah dengan keterangan produk serta manfaat. Gunakan bahasa yang interaktif agar menarik saat dibaca serta bahasa yang mudah untuk dipahami.
  • Maksimalkan penggunaan hashtag di Instagram. Hashtag membantu toko kita untuk lebih mudah dijelajah. Isilah hashtag sesuai dengan kata kunci dari produk yang kita jual. Sering-seringalah mengupload konten di Instagram dan gunakan hashtagnya agar toko kita selalu muncul di pencarian pertama. Semakin sering kita mengupload konten di Instagram semakin besar kemungkinan untuk ditemukan melalui hashtag.
  • Selingi feed dengan berbagai tips yang berhubungan dengan produk yang kita jual. Semisal jika kita menjual sabun wajah selingi dengan tips merawat wajah agar terhindar dari jerawat. Konten berupa tips yang informatif membuat Instagram kita semakin menarik untuk dibaca karena terdapat beberapa informasi di dalamnya.
  • Adakan giveaway. Hal tersebut bertujuan untuk menambah pengikut di Instagram kita. Adakan secara rutin dan terjadwal agar lebih banyak orang lagi yang mengikuti akun Instagram kita dan tertarik untuk membeli produk setelah melihat-lihat konten Instagram yang kita miliki.

4. Aktifkan Story

Image source:pinterest.com

Gunakan fitur story pada Instagram untuk melakukan promosi. Pada story kalian bisa isikan dengan produk yang dijual, ataupun promo diskon yang diberikan. Selain itu dapat pula mengadakan kuis berhadiah agar lebih interaktif dengan pengikut. Ketika viewers tertarik pada saat melihat story kita, mereka bisa langsung swipe up. Story dapat juga berupa jadwal giveaway yang akan diadakan nantinya. Story Instagram dapat juga menampilkan testimoni agar lebih mendapatkan trust dari viewers. Setelah membuat beberapa story, kategorikan story dan buatlah highlight sesuai keperluan.

5. Buat Video/Instagram TV


Image source: planoly.com

Manfaatkan juga fitur video atau Instagram TV, isi konten dapat berupa tutorial cara membersihkan wajah bagi penjual produk kecantikan. Konten dalam video juga bisa berupa informasi menarik tentang produk serta keunikan yang dimilikinya.

6. Lakukan Siaran Langsung

Image source: planoly.com

Seringlah melakukan siaran langsung untuk berinteraksi dengan pengikut secara aktif. Siaran langsung dapat dilakukan untuk pengumuman giveaway, ataupun kuis yang telah diadakan. Dengan begitu makin banyak pengikut yang melihat siaran langsung karena menunggu siaran pengumuman. Siaran langsung dapat dilakukan pula jika ingin sharing manfaat dan kegunaan produk yang dijualkan.

7. Gunakan Instagram Ads

Image source: colorlib.com

Instagram memiliki fitur Instagram Ads, fitur ini dapat kita gunakan secara maksimal. Instagram Ads membantu kita untuk menjangkau audiens yang lebih besar lagi nantinya. Instagram Ads tetap menjadi pilihan meskipun berbayar karena efektif  mendatangkan pelanggan untuk mengunjungi website kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *