Categories:

Tips Copywriting yang Dijamin Menarik Pelanggan

Apakah Anda sedang merinitis bisnis online dan berusaha untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya? Namun hingga kini pelanggan Anda hanya itu-itu saja, yang dalam artian pertambahan pelanggan baru yang sangatlah lambat. Anda perlu memperhatikan beberapa aspek diantaranya ialah teknik copywriting. Teknik yang satu ini sangat bermanfaat jika Anda benar-benar mengindahkannya, berikut akan saya berikan pembahasan mengenai teknik copywriting dan cara penerapannya.

1. Apa Itu Copywriting?

Copywriting adalah istilah untuk teknik pembuatan naskah atau transkrip bahkan deskripsi dari sebuah produk dengan tujuan membujuk pengunjung untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Kesuksesan teknik ini dapat dilihat dari pengunjung yang tertarik untuk membeli produk. Terutama karena bisnis online menggunakan media tulisan untuk menghadapi para calon pembeli. Sederhananya menggunakan copywriting untuk bisnis online sama seperti menggunakan salesman agar bisa menarik calon konsumen supaya mau membeli produk barang dan jasa Anda atau bahkan untuk bergabung dalam komunitas yang dimiliki. Hanya saja salesman ini dalam bentuk tulisan.

2. Manfaat dari Copywriting

Teknik ini menekankan pada penulisan deskripsi produk bukan hanya berfungsi untuk memudahkan calon konsumen mengenali produk Anda. Tetapi juga untuk menarik perhatian dan meyakinkan mereka untuk membeli. Dengan teknik copywriting, komunikasi dapat tersampaikan dengan benar. Hal ini juga memudahkan untuk mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan dengan sangat jelas dan baik kepada konsumen. Jika dalam bisnis online menggunakan teknik copywriting maka bisa menarik calon pembeli agar membeli. Bahkan calon pembeli yang tidak membutuhkan barang atau jasa Anda juga akan membeli karena calon pembeli tersebut merasa ingin membeli atau menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Copywriting juga ampuh menaikkan penjualan produk jasa.

3. Cara Menerapkan Copywriting

Sumber Foto: pexels.com

Sudah jelas bukan dengan istilah copywriting beserta kegunaannya. Nah sekarang saya akan membagikan beberapa cara untuk menerapkan copywriter agar meningkatkan penjualan Anda.

  • Buatlah Headline yang Menarik

Langkah pertama dalam teknik copywriting adalah membuat headline yang menarik. Bagi copywriting headline merupakan harga mati. Headline ini juga menentukan pembaca mau menggunakan produk jasa milik Anda atau tidak. Untuk itu penting dalam mengetahui teknik membuat headline dengan baik agar bisa menarik minat pembaca. Tipsnya gunakan tulisan yang jelas dan padat namun menarik minat konsumen contohnya “Beli 1 Dapat 2”. Dengan tulisan yang persuasif dan menunjukkan keuntungan yang jelas, lebih mudah membujuk konsumen untuk membeli barang yang Anda tawarkan. Teknik pembuatan headline yang dibuat seakan memprovokasi pembaca agar segera membeli produk Anda secepatnya, jika tidak maka pembaca tidak akan mendapatkan keuntungan lagi dilain hari. Manfaat headline tersebut cukup ampuh menarik minat pembeli.

Headline yang menggunakan kalimat mengajak dan bahkan seakan-akan memberikan perintah untuk agar membeli produk jasa yang ditawarkan. Headline yang juga sering dilihat ialah headline to the point atau langsung pada intinya. Teknik ini akan langsung memberitahukan mengenai nama produk jasa beserta manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan produk jasa tersebut.

  • Konten Copywriting

Setelah headline, keuntungan lainnya akan Anda dapatkan jika menambahkan teknik copywriting pada konten. Namun, sebelum membuat konten ada baiknya jika Anda menargetkan tujuan sebuah konten tersebut misalnya apakah untuk meningkatkan penjualan atau hanya jumlah kunjungan. Tanpa perencanaan awal yang tepat konten Anda akan menjadi blurry atau tidak jelas. Namun jika Anda mengeluti bisnis online, maka dalam tulisan copywriting tambahkan testimoni agar bisa membuat tulisan lebih kuat dan meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk Anda. Pastikan testimoni yang diberikan jujur dari para pelanggan.  Jika Anda masih bingung dengan contoh penggunaan teknik copywriting yang baik, Anda dapat mengunjungi situs web Hermofit sebagai referensi.

  • Closing Copywriting

Yang terakhir dan tak kalah penting ialah teknik closing. Kalimat closing atau penutup penting untuk dilakukan agar lebih meyakinkan calon konsumen. Gunakan kalimat perintah langsung namun sederhana. Hal ini merupakan cara cukup efektif agar calon konsumen tergerak untuk membeli produk Anda. salah satu strategi marketing ialah membuat konsumen seakan terdesak ingin membeli. Hal ini bisa dicontohkan seperti memberikan produk terbatas atau diskon yang hanya bisa didapat pada hari ini saja.

Itulah beberapa langkah mengenai copywriting yang dapat Anda lakukan untuk menarik pelanggan. Namun jika Anda masih bingung ataupun ingin menambah wawasan lainnya seputar bisnis online tidak ada salahnya jika bergabung menjadi reseller Hermofit. Pasalnya, Anda tidak akan berjualan sendirian namun juga didampingi tim marketing yang telah menyiapkan marketing kit berupa foto, video, hingga caption dan masih banyak lagi. Anda pun dapat berkonsultasi dengan ahlinya dan memiliki 10 keuntungan menjadi resseler Hermofit di tengah pandemi.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Konsumen Kamu Lari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *