Categories:

Step by Step Cara Menjual Produk di Marketplace : Shopee

Setelah mengetahui strategi marketing yang telah diberikan beberapa hari yang lalu, kini saatnya kita memulai bisnis dengan aksi yang nyata dan siap bersaing di marketplace ternama yaitu Shopee. Banyak keuntungan yang akan didapatkan saat kita menjual produk di marketplace dari segi ongkir maupun kesempatan mengembangkan toko. Step by step berikut dapat dilakukan baik melalui ponsel ataupun komputer.

1. Mendaftarkan Toko di Shopee

Image source: selular.id

Hal pertama yang wajib kita lakukan adalah mendaftarkan toko kita di Shopee terlebih dahulu sebelum mulai berjualan. Bukalah situs resmi Shopee di browser desktop PC ataupun melalui aplikasi Shopee yang dapat diunduh lewat Google Play Store di ponsel kita. Setelahnya, buka akun baru dengan klik tombol “Saya” lalu “Daftar”. Kemudian kita dapat melanjutkan mendaftar dengan memilih beberapa pilihan baik mengggunakan nomor hp, Line, ataupun Facebook.

2. Atur Toko

Setelah berhasil mendaftar, langkah yang harus dilakukan adalah melengkapi profil toko. Profil toko dapat dilengkapi dengan mengklik tombol “Saya”  > “Toko Saya”  >  “Asisten Penjual”  >  “Profil Toko”.

  • Nama Toko

Lengkapi nama toko sesuai dengan brand yang dinginkan, usahakan nama toko mudah diingat oleh konsumen.

  • Deskripsi Toko

Pada deskripsi toko berikan keterangan tentang produk yang dijual, jam buka toko, pilihan penggiriman, pilihan pembayaran, dan voucher yang diberikan.

  • Foto

Pada kolom foto berikan gambaran yang mendeskripsikan toko anda secara tersendiri. Dapat pula berisi program promo dan voucher yang diberikan toko.

  • Atur Alamat

Pilih “Alamat Saya” lalu “+ Alamat Baru”. Setelahnya akan muncul formulir untuk mengisi alamat, isilah dengan benar lalu klik tombol simpan.

  • Jasa Kirim

Untuk mengatur jasa kirim kita dapat mengatur kurir yang ingin mengirimkan barang kita nantinya ke pelanggan. Terdapat beberapa pilihan di bawah, klik tombol hijau untuk mengaktifkan jasa kirim yang hendak dipilih.

Image source: nesabamedia.com

  • Kartu/Rekening Bank

Tahapan selanjutnya adalah mengatur rekening bank untuk melakukan transaksi dengan pembeli. Klik tombol “Kartu/Rekening Bank” setelahnya kita akan “Login” password Shopee untuk alasan keamanan.  Setelah berhasil kita dapat menambahkan rekening bank lalu mengisi formulir seperti dibawah ini.

Image source: nesabamedia.com

  • Upload Produk

Langkah terakhir untuk melengkapi toko adalah dengan cara upload produk yang akan kita jual. Untuk mengupload produk klik ikon dot square lalu pilih “produkku” setelahnya klik ikon tambah (+). Setelahnya kita sudah bisa memasukkan nama, foto dan deskripsi produk yang kita tawarkan. Jangan lupa untuk menambahkan kategori, harga, variasi, dan stok produk. Tambahkan pula berat produk dalam kg serta keterangan kondisi produk baik baru maupun bekas. Jika sudah semua klik “simpan & tampilkan”.

3. Tips Meraih Pasar di Shopee

Setelah kita selesai membuka toko dan mengupload barang yang kita jual, kini saatnya untuk mengambil hati para pelanggan. Tenang, berikut akan saya paparkan cara jitu untuk merebut pelanggan, pastikan untuk benar-benar melakukannya ya.

Image source: scb.co.th

  • Berikan deskripsi produk yang jelas

Beri penjelasan tentang produk yang kita jual seperti kegunaanya, spesifikasinya, garansi semisal ada, dan informasi lain dari produk.

  • Berikan gambar yang terbaik

Kebanyakan konsumen melihat produk pertama kali sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut atau tidak. Maka dari itu berikanlah gambar dengan kualitas yang baik dan tidak pecah saat dilihat. Selain itu tambahkan unsur estetika dalam foto agar lebih menarik pelanggan. Seperti menggambil gambar produk di atas papan putih dan bunga disebelahnya atau hiasan lain yang dapat dikreasikan. Lalu jangan tambahkan satu gambar saja. Kita bisa menambahkan foto di slide berikutnya berupa manfaat produk serta testimoni.

  • Headline yang menarik

Headline sangatlah signifikan dalam berjualan karena terletak pada deskripsi awal produk dan menjadi kata kunci yang pembeli cari di Shopee. Berikut akan saya berikan rumus yang biasanya dapat menarik pelangan.

    • Menawarkan manfaat ganda. Misal: “Ingin Melangsingkan Badan Anda dengan Mudah dalam Waktu 1 Bulan Saja?” untuk produk pelangsing.
    • Memberi ingatan tentang konsekuensi. Misal: “Apakah Anda Yakin Kulit Wajah Anda Bebas Bakteri dan Polusi?” untuk produk pembersih wajah.
    • Memberi urgensi. Misal: “Miliki Ponsel Terbaru Ini dengan Diskon 10% untuk 10 Pembeli Pertama Saja” untuk produk teknologi.
  • Upload produk setiap hari

Pastikan untuk selalu upload produk yang anda jual setiap harinya, agar mampu membantu meningkatkan dan mengoptimalisasi produk kita di mesin pencarian Shopee. Upload prosuk 10x dalam sehari mampu menjadikan toko kita aktif dan terdeteksi secara otomatis.

Image source: cnnindonesia.com

  • Berikan harga kompetitif

Setelahnya berikan pula harga yang bersaing dengan cara rutin mengecek kompetitor. Hal tersebut dilakukan untuk menyesuaikan harga pasaran dan menjaga kompetisi.

  • Berikan voucher toko

Berikan voucher toko kepada pelanggan yang mengikuti akun kita di Shopee. Dengan cara tersebut sama-sama diuntungkan baik pelanggan dan penjual. Penjual dapat menarget pelanggan baru sehingga toko kita akan mudah untuk melebarkan pasarannya.

  • Daftar program gratis ongkir

Pembeli lebih suka jika mendapatkan gratis ongkir, oleh karenanya kita dapat mendaftar program gratis ongkir extra. Berikut caranya:

    • Masuk ke aplikasi.
    • Tap menu Gratis Ongkir XTRA.
    • Tap menu Semua Gratis Ongkir.
    • Scroll layar sampai bawah, tap Daftar Sekarang.
    • Akan ada beberapa dokumen untuk di-upload: nomor KTP, foto e-KTP, dan foto Anda yang sedang memegang e-KTP secara close-up.
    • Ceklist untuk setuju Syarat & Ketentuan, tap Kirimkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *