Categories:

Cara Mudah Memulai Bisnis Online

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis online, diantaranya sebagai distributor, agen, reseller, dan dropshipper. Tentu keempatnya berbeda dan memiliki keuntungan masing-masing. Dengan pengaruh internet yang semakin pesat kita dapat memaksimalkan peluang bisnis dengan mudah. Berikut saya akan bagikan beberapa cara jitu untuk mendapatkan penghasilan online dari internet.

Riset produk yang akan dijual di pasaran, menjadi hal pertama yang perlu untuk diperhatikan sebelum menjadi distributor, agen, reseller, dan dropshipper. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan sambutan positif agar cepat laku di pasaran. Untuk sekedar tips pilihlah produk yang yang sudah dikenal luas masyarakat. Produk yang telah dikenal secara luas biasanya memiliki segi positif dari penjualan.

  • Pertama, produk yang sudah terkenal pasarannya akan lebih luas cakupannya sehingga memudahkan kita untuk menjualnya dan tidak terbatas berbagai golongan saja.
  • Produk yang baik juga mendapatkan banyak review positif dari para konsumennya. Hal tersebut membuat suatu produk mendapatkan lebih banyak kepercayaan sehingga banyak orang yang tergiur untuk mencoba serta mempertahankan konsumen untuk membeli produk yang sama saat masa pakai telah habis.
  • Hal terakhir yang perlu diperhatikan kita tidak perlu lagi melakukan banyak edukasi ke mayarakat karena mereka telah mengenali produk tersebut dengan baik.

Image Source: Andrea Piacquadio

Langkah selanjutnya adalah mencari distributor terpercaya setelah mendapatkan produk yang ingin dijual.

  • Langkah yang dapat kita coba adalah dengan datang langsung ke manufaktur atau pabrik. Di sana kita dapat memesan produk langsung atau mendapatkan daftar distributor resmi dari manufaktur tersebut. Kita dapat mulai menghubungi mereka untuk mengetahui lebih lanjut tentang minimum pemesanan serta harga satuan.
  • Langkah lainnya juga dapat dilakukan melalui pencarian Google, dengan mengetikkan kata “grosir” atau “distributor” diikuti kata kunci produk yang dijual. Cara lain yang dapat ditempuh yaitu melalui lokapasar seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya. Sejak lokapasar menargetkan konsumen eceran, opsi “grosiran” ada pada sistem yang mereka terapkan kita bisa menggunakannya dengan mudah.

 

Image Source: kaboompics.com

Tahap selanjutnya untuk memulai bisnis online adalah dengan cara melihat kompetitor yang berjualan produk yang sama dengan kita. Karena kita memilih produk terkenal untuk dijual banyak kompetitor mengambil peluang yang sama. Langkah yang harus kita lakukan untuk merebut pasarnya adalah dengan mengamati dan menganalisis kekurangan si kompetitor.

  1. Pertinjau segi harga, keaslian produk, dan cara berjualan seperti foto dan diskripsi produk, promo dan giveaway yang diadakan.
  2. Cari celah kompetitor agar kita dapat dengan mudah merebut pasarnya dengan keunggulan yang kita miliki maka konsumen akan membeli produk yang sama di tempat yang berbeda karena memiliki lebih banyak keunggulan.

Image Source: Negative Space

Setelah mengikuti beberapa tahapan di atas mulailah untuk mem-posting produk dengan konsisten.

  1. Semisal kita memilih untuk berjualan melalui media sosial aturlah jadwal untuk posting produk yang akan dijual, hal tersebut akan memudahkan pengikut untuk melihat jam tayang konten terbaru yang kita buat.
  2. Kumpulkan ide sebanyak-banyaknya untuk konten jualan, aturlah jadwal setelahnya dan edit beberapa konten yang akan di-publish.
  3. Memantau data insight lebih mudah dengan sosial media dan dapat mengetahui produk mana saya yang memiliki viewers.
  4. Lakukan promo ataupun giveaway dari produk favorit tersebut untuk mendatangkan lebih banyak pengikut di Instagram dan cakupan yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *