Trik Closing bagi Pemula untuk Meningkatkan Penjualan
Categories:

Cara Closing Jitu Bikin Konsumen Balik Lagi

Teknik closing sangat perlu dilakukan saat kita menjualkan produk yang kita tawarkan. Teknik closing merupakan proses untuk mengakhiri transaksi antara kita dengan konsumen hingga berhasil. Dalam proses tersebut kita perlu mempersiapkan beberapa jawaban secara baik serta matang. Tapi tenang, berikut kamu dapat simak caranya agar konsumen tidak lari, simak baik-baik ya.

Trik Closing bagi Pemula untuk Meningkatkan Penjualan
Sumber Foto: unsplash.com

1. Membangun Trust dengan Konsumen

Membangun trust atau rasa percaya dengan konsumen memang bukanlah hal yang mudah. Tapi hal tersebut tetap dapat kita lakukan agar konsumen percaya, baik dari segi produk yang kita tawarkan maupun toko kita yang telah melayani jual beli secara profesional dan bukan abal-abal. Kita dapat meyakinkan calon konsumen dengan:

  • Memberikan informasi terbaru mengenai toko serta produk yang kita tawarkan dengan akurat.
  • Selalu menjawab pertnyaan calon konsumen dengan sigap dan jawaban yang tepat.
  • Sharing informasi kepada konsumen berupa tips memilih sabun wajah jika produk yang kita jualkan adalah produk kecantikan.

2. Berikan Alasan Beli Sekarang

Berikan alasan kepada konsumen untuk membeli produk kita sekarang juga. Alasannya dapat berupa promo yang sedang kita berikan pada hari ini atau promo yang berakhir hingga hari ini. Sehingga konsumen tertarik untuk membelinya sekarang karena harga yang lebih murah dan dirasa lebih hemat.

 3. Produk Spesial

Kebanyakan konsumen menyukai produk yang spesial untuk dibeli dengan barbagai alasan. Kita dapat melakukannya juga dengan memberikan pengertian kepada konsumen. Semisal produk yang kita jualkan adalah lip cream, kita dapat memberikan pengertian kenapa lip cream yang kita tawarkan berbeda dari yang lain dan layak untuk dibeli semisal dari segi bahan yang digunakan dan kenyamanan saat digunakan dan tidak dapat ditemukan di produk lip cream lainnya.

Trik Closing bagi Pemula untuk Meningkatkan Penjualan
Sumber Foto: armourabeaute.id

4. Keuntungan Produk

Teknik closing lain yang dapat dilakukan adalah dengan memaparkan keuntungan yang akan didapatkan jika konsumen membeli produk kita. Berikan minimal 3 keuntungan bagi si konsumen agar dapat lebih dipertimbangkan. Semisal kita menjualkan produk pelangsing berikan keuntungan yang didapat jika membeli produk pelangsing dari kita semisal aman digunakan, tidak memiliki efek samping, cepat dan efektif.

5. Bandingkan Produk

Kebanyakan konsumen tertarik dengan harga yang murah. Kita dapat membandingkan produk dari segi harga dengan kompetitor lain agar pelanggan tetap setia untuk membeli produknya di tempat kita. Contoh: “Kalau produk A kualitasnya bagus namun harganya cukup mahal, nah kalau pakai produk kami kualitasnya sebanding dengan produk A namun harganya jauh lebih terjangkau.”

6. Harga Dicoret

Harga yang dicoret ternyata mempengaruhi konsumen dalam berpikir bahwa harga yang kita berikan lebih murah karena sedang diskon sehingga cara ini cukup efektif untuk dilakukan.  Dengan mencoret harga lama dan memberikannya dengan harga yang baru dapat memberikan kesan lebih murah apa lagi jika itu adalah paket bundling.

Sumber Foto: armoura.id

7. Gunakan Kalimat Pengandaian

Kalimat pengandaian dalam closing sangat penting untuk menekankan kesan dalam membeli. Kalimat pengandaian dapat berupa maka dan jika. Berikut akan saya berikan contohnya. “Jika kakak tidak membeli produk ini sekarang, kakak harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk produk yang sama.” Atau dapat juga seperti ini “jika kakak bergabung program reseller sekarang, maka akan lebih banyak keuntungan yang didapatkan hari ini. Cek situs web kami untuk informasi lebih lanjut.”

8. Berikan Pujian

Hampir semua orang suka dengan pujian, kitapun dapat melakukannya dalam tahapan closing. Untuk menyenangkan si konsumen serta mempromosikan produk yang kita jual. Contoh: “Kakak terlihat lebih segar dengan lip cream warna nude di kulit kakak.”

9. Tunjukkan Empati

Teknik lainnya yang dapat digunakan adalah dengan cara menunjukkan empati. Dengan berempati berarti kita peduli dengan konsumen. Saat kita menunjukkan sisi empati kepada konsumen, maka mereka akan merasa bahwa kita bisa mengerti dan memahami mereka. Kita juga bisa membangun kedekatan dengan konsumen menggunakan teknik ini. Contoh: “Saya dulu juga merasa minder punya wajah berjerawat menahun kak, tapi setelah saya coba Armoura Herbiacne jerawat saya telah hilang, dan sekarang saya lebih percaya diri.”

Trik Closing bagi Pemula untuk Meningkatkan Penjualan
Sumber Foto: armouraherbal.id

10. Gunakan Hasil Testimoni

Berikan hasil terstimoni untuk memperkuat rasa percaya konsumen terhadap produk kita. Hasil testimoni dapat ditampilkan di situs web resmi, akun sosial media, maupun platform marketplace. Sehingga konsumen percaya bahwa produk yang kita jualkan berpengaruh secara efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *